10 Cara Terbaik untuk Berhenti Minum Alkohol


Keputusan untuk berhenti minum alkohol dapat menyelamatkan jiwa bagi individu yang merasa mereka kecanduan alkohol. Namun, pulih dari penyalahgunaan alkohol, mempertahankan ketenangan hati dan mengelola mengidam alkohol adalah perjuangan yang sulit. Ada banyak cara untuk mencapai ketenangan hati. Untuk seseorang yang bertanya-tanya bagaimana mereka bisa berhenti minum, berikut adalah 10 cara terbaik untuk berhenti minum alkohol.


1. Buat Rencana

Buat rencana untuk berhenti minum alkohol dengan menetapkan tanggal. Posting tanggal di tempat di mana Anda dapat sering melihatnya. Jika Anda seorang peminum berat, Anda harus memperlambat terlebih dahulu untuk menghindari gejala penarikan yang berpotensi mematikan (dalam hal ini, libatkan dokter Anda dalam rencana Anda untuk menghasilkan rencana tanggal yang lebih tepat).

2. Identifikasi Pemicu

Keinginan untuk minum alkohol dipicu oleh pemicu internal atau eksternal. Kunci untuk berhenti minum dan menjaga ketenangan adalah dengan mengidentifikasi dan menghindari pemicunya. Pemicu eksternal, seperti tempat, orang, dan hal-hal yang berhubungan dengan perilaku dan peluang minum alkohol dapat dengan cepat menyebabkan kekambuhan. Situasi berisiko tinggi lebih jelas, lebih dapat diprediksi dan lebih dapat dihindari dibandingkan dengan pemicu internal.

Pemicu internal dipengaruhi oleh pikiran, emosi negatif seperti frustrasi, emosi positif seperti kegembiraan, sensasi fisik seperti sakit kepala, kecemasan, dan ketegangan. Setelah Anda mengidentifikasi pemicunya, kerjakan bagaimana mencegahnya dari membuat Anda minum.

3. Hindari Situasi Risiko Tinggi

Strategi terbaik untuk berhenti minum adalah menghindari situasi berisiko tinggi. Hindari pengaturan sosial di mana alkohol disajikan. Jangan membeli atau menyimpan alkohol di rumah karena ini akan dengan mudah menggoda Anda. Teman dan anggota keluarga juga dapat membantu dengan menahan diri dari minum alkohol di hadapan mereka yang sedang dalam pemulihan.

4. Bangun Jaringan Dukungan yang Kuat

Pastikan Anda mengelilingi orang-orang positif. Ini akan membantu Anda membangun dan meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri Anda. Tanpa jaringan dukungan positif, sulit untuk membuat perubahan yang sepenuhnya akan menyebabkan ketenangan hati. Dukungan jaringan sosial yang tersedia sangat penting selama bulan-bulan awal pemulihan.

5. Berkomunikasi secara efektif

Memiliki komunikasi yang efektif dengan keluarga, teman, dan teman kerja dapat membantu mereka memahami berbagai aspek dan tantangan yang terlibat dalam jalan Anda menuju pemulihan. Mengungkapkan diri Anda kepada mereka akan membantu mereka menjadi lebih mendukung dan membantu.

6. Diet Bergizi

Pola makan yang sehat dan hidrasi yang tepat penting untuk proses penyembuhan pecandu alkohol. Nutrisi yang tepat, serta hidrasi, membantu memulihkan kesehatan fisik dan mental, meningkatkan peluang pemulihan.

Kekurangan makro dan nutrisi mikro dapat menyebabkan tingkat energi, depresi & kecemasan yang rendah, yang merupakan pemicu yang dapat menyebabkan kekambuhan. Diet Anda harus memasukkan jenis makanan yang meningkatkan pencernaan, meningkatkan gula darah yang stabil ke seluruh tubuh dan meningkatkan kimia otak. Proses pencernaan yang sehat mengoptimalkan laju penyerapan vitamin, asam amino, dan mineral yang membantu mengurangi hasrat alkohol. Asupan protein tanpa lemak yang memadai memastikan bahwa otak Anda menghasilkan jumlah neurotransmitter yang optimal yang berhubungan dengan perasaan kesejahteraan.

Program pendidikan gizi komprehensif dan konseling nutrisi individual telah terbukti meningkatkan tingkat keberhasilan ketenangan selama 3 bulan pada orang dengan masalah penyalahgunaan zat. Jika Anda ingin berhenti minum alkohol sendiri, berikut adalah beberapa tips nutrisi yang dapat Anda ikuti.
  • Jangan langsung melakukan perubahan besar dalam diet. Perubahan diet bertahap akan mengarah pada kepatuhan tubuh yang lebih baik.
  • Makan makanan yang rendah lemak dan termasuk kadar protein tanpa lemak yang memadai.
  • Makanlah makanan biasa sepanjang hari
  • Air adalah nutrisi terpenting yang dibutuhkan untuk setiap fungsi tubuh. Asupan air yang cukup membantu mengurangi keinginan alkohol.
  • Vitamin dan suplemen mineral seperti vitamin A & B, seng dan B-Kompleks sangat membantu selama dan setelah fase pemulihan.

7. Latihan

Salah satu cara mengganti perilaku destruktif adalah dengan terlibat dalam aktivitas fisik. Olahraga merangsang neurotransmiter dan sirkuit yang sama di otak sebagai zat yang paling membuat ketagihan. Mulailah latihan rutin Anda perlahan dan fokus pada latihan kekuatan dan latihan kardiovaskular.

8. Terlibat dalam Kegiatan Sehat

Pecandu alkohol diketahui menyerah pada kegiatan yang menurut mereka menyenangkan. Bagian dari proses pemulihan adalah menemukan kembali hobi sebelumnya dan mengembangkan minat baru. Ini akan membantu mengurangi kebosanan yang dapat memicu kekambuhan dan membantu Anda mengejar alternatif yang lebih sehat dan memenuhi.

9. Evaluasi Kemajuan Anda

Evaluasi kemajuan ketenangan Anda dengan menetapkan tanggal evaluasi. Rencana 30 hari lebih efektif sehingga perilaku baru Anda bisa menjadi kebiasaan. Evaluasi dan ulas alasan Anda untuk berhenti minum alkohol. Tuliskan manfaatnya dan, jika Anda kambuh, mulai lagi. Rencana evaluasi akan membantu Anda melihat seberapa jauh Anda telah datang dan memotivasi Anda untuk melakukan yang lebih baik.

10. Perlakukan Diri Anda

Setelah Anda mengevaluasi kemajuan Anda dan Anda telah mencapai durasi ketenangan tertentu, manjakan diri Anda. Uang yang digunakan untuk alkohol sekarang dapat digunakan untuk mengunjungi spa, mendapatkan pijat, bergabung dengan kelas yoga, membeli pakaian atau furnitur baru atau bahkan membeli hadiah untuk keluarga dan teman-teman Anda. Mempertahankan ketenangan adalah semua tentang melihat manfaatnya yang nyata.

Perhatikan bahwa tidak ada cara universal terbaik untuk berhenti minum alkohol. Anda mungkin harus mencoba kombinasi berbeda dan mencari tahu apa yang paling cocok untuk Anda.




0 Response to "10 Cara Terbaik untuk Berhenti Minum Alkohol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel